Target Kawasan Konservasi Laut Tercapai

Target Kawasan Konservasi Laut Tercapai
Target Kawasan Konservasi Laut Tercapai
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi menegaskan, target kawasan konservasi laut tahun 2010 sebesar 10 juta hektar telah tercapai. "Kita bersyukur, ternyata target tahun 2010 itu bisa kita realisasikan pada 2009 ini. Target ini sekaligus bukti kongkrit dari pemerintah yang berkomitmen menjaga dan memelihara kawasan konservasi," ujar Freddy, dalam rapat kerja (raker) dengan Panitia Ad Hoc (PAH) II DPD di Gedung DPD Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/5).

Dalam raker yang dipimpin Ketua PAH II DPD Sarwono Kusumaatmadja ini, Freddy menjelaskan bahwa saat ini telah dicadangkan 13,529 juta hektar kawasan konservasi perairan laut, dengan rincian DKP bersama pemerintah daerah menginisiasi dan memfasilitasi 8,110 juta hektar, sedangkan Departemen Kehutanan (Dephut) 5,418 juta hektar.

Kawasan konservasi yang diinisiasi dan difasilitasi DKP bersama pemda itu berjumlah 36, yaitu satu kawasan konservasi perairan nasional seluas 3,521 juta hektar dan 35 kawasan konservasi laut daerah seluas 4,589 juta hektar. Sedangkan kawasan konservasi yang diinisiasi dan difasilitasi Dephut berjumlah 40, terdiri dari tujuh taman nasional laut 4,043 juta hektar, 18 taman wisata alam laut seluas 767 ribu hektar, tujuh suaka margasatwa 337 ribu hektar, serta delapan cagar alam laut 270 ribu hektar.

Selain itu, masih menurut Freddy, diupayakan konservasi kawasan perairan yang juga diinisiasi dan difasilitasi DKP melalui program Coastal Community Development and Fisheries Resources Management (COFISH), yaitu tiga suaka perikanan 453 hektar, serta program Coastal Resources Management Project (CRMP)/COFISH, yaitu 25 kawasan Daerah Perlindungan Laut (DPL)/Daerah Perlindungan Mangrove (DPM) 2.085 hektar. Ditargetkan, pengelolaan kawasan konservasi tersebut mendukung pengelolaan perikanan berkelanjutan.

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi menegaskan, target kawasan konservasi laut tahun 2010 sebesar 10 juta hektar telah tercapai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News