Antisipasi Banjir, Polda Siapkan Perahu Jerigen

Antisipasi Banjir, Polda Siapkan Perahu Jerigen
Banjir di Jakarta tahun lalu. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Polda Metro Jaya (PMJ) menyatakan kesiapannya mengantisipasi ancaman bencana banjir yang mungkin datang pada musim penghujan di akhir 2014 ini.

Untuk itu, Korp Bhayangkara telah melakukan berbagai kesiapan, salah satunya berkoordinasi dengan lembaga-lembaga lainnya serta masyarakat.
 
”Diperkirakan, Jakarta akan ada lokasi yang terancam banjir. Kita siapkan mengantisipasi itu. Kami melibatkan Kodam Jaya, TNI Angkatan Laut, juga dari Pemadam Kebakaran, masyarakat, dan Brimob,” ujar Irjen Pol Unggun Cahyono, Kapolda Metro Jaya kepada INDOPOS (Grup JPNN) di Mapolda Metro Jaya, Jumat (14/11).
     
Kesiapan itu, kata Unggun, rencananya akan dipaparkan Senin (17/11) saat aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya mengadakan upacara bendera bersama TNI di Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya bertindak selaku Inspektur Upacara.
 
”Ini akan diapelkan besok (Senin, Red). Kami akan menggelar peralatan yang dibutuhkan dalam kaitan mengantisipasi banjir,” tuturnya.

Peralatan yang disiapkan, sambung mantan Kapolda Jawa Timur itu, perahu karet dan peralatan pompa air. Ditambah lagi, perahu yang terbuat dari jerigen plastik dan 115 unit kano .      

"Perahu ini (dirigen, red) antibocor dan karena ukurannya kecil, maka dapat masuk ke gang-gang permukiman berukuran kecil," terangnya.

Sedangkan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto menambahkan, polisi siap menyebar anggota berpakaian preman untuk menjaga rumah-rumah penduduk dari kemungkinan terjadinya tindak pidana saat banjir melanda. Polisi juga akan melaksanakan pelatihan penanggulangan serta pengevakuasian masyarakat yang terkena banjir.
     
"Polda Metro juga bekerja sama dengan Pemprov DKI, Tim SAR, dan TNI untuk membantu masyarakat yang terkena musibah. Polda Metro menerjunkan 677 personel untuk antisipasi ini, yang terdiri atas Satuan Lalu Lintas 30 personel, Brimob 500, Sabahara 100, Pol air 35, dan dokter kesehatan 12 personel," urainya juga. (cr3)


JAKARTA - Polda Metro Jaya (PMJ) menyatakan kesiapannya mengantisipasi ancaman bencana banjir yang mungkin datang pada musim penghujan di akhir 2014


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News