Antisipasi Bencana, Siapkan Rp 995 M

Januari Dibuka dengan Banjir Serentak

Antisipasi Bencana, Siapkan Rp 995 M
Antisipasi Bencana, Siapkan Rp 995 M
JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai siap siaga menghadapi aneka potensi bencana tahun ini. BNPB menyebutkan, sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 995 miliar untuk berjaga-jaga menghadapi bencana di tahun naga yang dibuka dengan banjir serentak di sejumlah daerah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta kemarin (2/1) mengatakan, anggaran tadi diantaranya disiapkan untuk menghadapi bencana geologi. Seperti gempa bumi atau tsunami.

Apalagi, hingga saat ini belum ada teknologi yang cukup akurat untuk memprediksi kapan, dimana, dan seperti apa besarnya magnitude gempa. Sedangkan untuk untuk bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor yang disebabkan curah hujan tinggi, sudah bisa diprediksi BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika).

Selain mempersiapkan anggaran yang super jumbo itu, BNPB juga meminta kepala daerah di lokasi yang rawan gempa untuk waspada. Mereka diimbau agar terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). "Intinya kami meminta ditingkatkan kesiap-siagaannya," katanya.

JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai siap siaga menghadapi aneka potensi bencana tahun ini. BNPB menyebutkan, sudah menyiapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News