Antisipasi Unggas Mati, Disiapkan 300 Ribu Vaksin

Antisipasi Unggas Mati, Disiapkan 300 Ribu Vaksin
Antisipasi Unggas Mati, Disiapkan 300 Ribu Vaksin
PURWOKERTO - Kematian itik yang mencapai ratusan ekor yang diduga terkait dengan virus jenis baru terus diantisipasi Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinakan) Banyumas. 2013 mendatang, Dinakkan akan menyediakan vaksin flu burung sebanyak 300 ribu dosis.

"Sekurang-kurangnya, pada  2013 mendatang ada 30 persen unggas terutama ayam yang kita siapkan vaksinasinya. Jumlah 30 persen itu dari total populasi ayam di Banyumas yang mencapai sekitar 1,2 juta ekor," kata Sugiyanto, Kamis (10/12).

Kesiapan 300 ribu dosis vaksin ayam sendiri sebenarnya masih jauh dari populasi total ayam yang ada. Namun, hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan Pemkab dalam anggaran.

Seperti diketahui, sedikitnya 439 ekor itik, dan 270 ekor ayam di Banyumas ditemukan mati, sejak Oktober lalu sampai awal Desember. Angka itu saja masih ditambah dengan unggas yang mati dikalangan petani ternak yang belum dilaporkan ke Dinakkan Banyumas.

PURWOKERTO - Kematian itik yang mencapai ratusan ekor yang diduga terkait dengan virus jenis baru terus diantisipasi Dinas Peternakan dan Perikanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News