Anton Medan 'Atur' Penjara DL Sitorus

Anton Medan 'Atur' Penjara DL Sitorus
Anton Medan 'Atur' Penjara DL Sitorus
JAKARTA -- Mantan preman yang kini menjadi uztad, Anton Medan, secara terang-terangan mengaku bahwa dirinya yang dulunya mengatur lokasi Lembaga Pemasyarakatan (LP) untuk dihuni Darianus Lungguk Sitorus. Anton Medan bisa mengatur lokasi LP untuk DL Sitorus lantaran dia menjadi semacam konsultan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Depkum-HAM.

"Saya yang memindahkan DL Sitorus. Saya minta dia ke LP Subang," ujar Anton Medan dalam diskusi bertema 'Wajah Mafia Peradilan di Rutan-Lapas' di ruang wartawan DPR, Senayan, Kamis (14/1). DL Sitorus merupakan terpidana kasus perambahan hutan di register 40 Padang Lawas, Sumut.

Apa urusan Anton Medan dengan DL Sitorus? Ternyata bukan merupakan praktek mafia hukum. Anton yang pernah hidup di bui selama 18 tahun 7 bulan, hanya ingin agar kehidupan para napi di penjara bisa lebih baik dengan kehadiran bos PT Torganda dan Torus Ganda itu. "Karena kehadiran orang-orang kaya di penjara merupakan berkah bagi para napi yang ada di penjara itu," ujar Anton, yang sudah mengunjungi sekitar 450 LP yang ada di seluruh Indonesia karena diminta memberikan ceramah ke para napi oleh Ditjen Lapas.

Lebih lanjut pria kelahiran Tebing Tinggi itu mengatakan, saat DL Sitorus dipenjara di LP Subang, para napi dibelikan alat-alat untuk kegiatan mengasah ketrampilan, yang bisa menjadi bekal hidup bila sudah keluar dari bui. Di LP Subang, kata Anton, DL Sitorus antara lain membelikan mesin traktor untuk bertani. "Karena Subang daerah pertanian. Pokoknya banyak bantuan DL Sitorus itu," ujar pria yang bagian bawah lengan kanannya penuh bekas luka lama itu.

JAKARTA -- Mantan preman yang kini menjadi uztad, Anton Medan, secara terang-terangan mengaku bahwa dirinya yang dulunya mengatur lokasi Lembaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News