Antusiasme Atlet di Gala Desa Mencapai 204 Ribu Orang

Antusiasme Atlet di Gala Desa Mencapai 204 Ribu Orang
Gala Desa. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Upaya membangkitkan semangat olahraga masyarkat dari Kemenpora ternyata berbanding lurus dengan kemauan masyarakat untuk berpartisipasi dalam program Gala Desa 2017.

Meski program baru dimulai pada 2017, hitungan-hitungan kasat mata yang dilakukan oleh Kemenpora terhadap jumlah peserta, jumlah wasit, dan juga penonton yang menyaksikan kegiatan ini, mampu menunjukkan jumlah yang mumpuni.

Dengan jumlah nomor yang dilombakan atau dipertandingkan yang variatif di setiap kota, atlet yang ambil bagian memang jumlahnya berbeda-beda. Tapi, dalam data rata-rata yang dimiliki oleh Asdep Ordik Kemenpora, ada sekitar 1.500 atlet di setiap kabupaten/kota yang ikut ambil bagian di Gala Desa.

Dengan rata-rata tersebut di setiap kabupaten/kota, maka jumlah atlet atau peserta yang ambil bagian dalam 136 kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah Gala Desa menyentuh angka lebih dari 204.000 atlet.

Usianya pun bertingkat, mulai dari usia muda yang start di U-13 sampai dengan atlet usia dewasa yang masuk dalam kategori umum. Jumlah atlet di setiap kota ini jauh meningkat, karena dalam perkiraan awal, hanya sekitar 100-200 atlet yang akan ambil bagian.

Nyatanya, ada kabupaten/kota yang sampai melibatkan lebih dari 3.000 peserta atau atlet desa di enam cabang olahraga yang digelar.

"Kami senang melihat antusiasme yang tinggi dari peserta Gala Desa ini. Dari jumlah atlet sudah mampu menunjukkan, bahwa banyak potensi atlet di Indonesia ini," kata Menpora Imam Nahrawi.

Karena itu, dia berharap pada edisi 2018 mendatang, Gala Desa bisa diikuti oleh lebih banyak bibit atlet di desa-desa dan melibatkan lebih banyak lagi yang dalam kelompok usia muda atau U-13. (dkk/jpnn)


Upaya membangkitkan semangat olahraga masyarkat dari Kemenpora ternyata berbanding lurus dengan kemauan masyarakat untuk berpartisipasi dalam program Gala Desa.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News