Anugerah Kalpataru Diminta Dihentikan

Anugerah Kalpataru Diminta Dihentikan
Anugerah Kalpataru Diminta Dihentikan
JAKARTA- Pemerintah diminta untuk menghentikan pemberian penghargaan berupa Kalpataru. Anugerah tertinggi bagi penggiat lingkungan hidup tersebut dinilai sudah tidak lagi obyektif. Hal ini diungkapkan oleh anggota komisi VII DPR RI, Azwir Dainy Tara pada JPNN, Selasa (9/2).

Azwir mengatakan, seharusnya pemberian Kalpataru atau penghargaan lingkungan lainnya diberikan oleh lembaga independen dan bukan oleh pemerintah. Karena bila penilaiannya ditentukan oleh pemerintah, maka Kalpataru hanya menjadi penghargaan untuk kepentingan politis semata.

"Pemberian Kalpataru dari pemerintah itu harusnya dihentikan. Kalau toh tetap mau dilaksanakan, serahkan penilaian kepada tim independen. Kalau tetap dilakukan pemerintah, seperti yang terlihat selama ini adalah tidak obyektif. Ada kepentingan mengandung muatan politis antara pemerintah pusat dengan pemerintah di daerah untuk mencari nama," kata Azwir.

Politisi Partai Golkar tersebut mengatakan, sudah banyak Kalpataru yang dikembalikan oleh penerimanya. Karena si penerima Kalpataru merasa tidak pantas dan tidak layak mendapatkan penghargaan sementara kondisi di lingkungan mereka tidak sesuai dengan penghargaan yang mereka terima.

JAKARTA- Pemerintah diminta untuk menghentikan pemberian penghargaan berupa Kalpataru. Anugerah tertinggi bagi penggiat lingkungan hidup tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News