Apa Isi Buku Putih China, kok PB HMI Sampai Sewot Begini?

Apa Isi Buku Putih China, kok PB HMI Sampai Sewot Begini?
Pelajar dari etnis Uighur mempelajari Alquran dan Hadis di Institut Islam Xinjiang, Kamis (03/01/2019). Lembaga tersebut difasilitasi pemerintah Tiongkok untuk mencetak para imam yang bebas dari pengaruh radikalisme dan ektremisme. Foto: ANTARA/M. Irfan Ilmie

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menanggapi munculnya buku putih yang diluncurkan oleh pemerintah China.

Buku putih itu berisi data pertumbuhan penduduk di Xinjiang sejak 1949 yang dikeluarkan pemerintah China untuk membantah rangkaian laporan tentang penahanan massal, pengendalian kelahiran paksa, dan kebijakan lainnya yang diduga dilakukan China untuk mengurangi jumlah orang Uighur.

Kantor Informasi Dewan Negara China menyajikan data tersebut di tengah upaya China untuk menghindari pengawasan dan kecaman atas rangkaian pelanggaran yang terbukti terjadi di wilayah tersebut seperti kamp interniran massal, serangan seksual, aborsi paksa, dan kerja paksa.

Menurut sejarawan Islam di Cina dan Uighur Rian Thum, buku putih mengeklaim populasi Uighur di Xinjiang meningkat dari 2010 hingga 2020 dengan mengabaikan penurunan tingkat pertumbuhan populasi dari 2017 dan seterusnya saat kelahiran Uighur ditekan secara paksa.

Jadi, mereka (China,red) menyembunyikan jatuhnya tingkat pertumbuhan penduduk Uighur 2017-2020 dengan menyajikan semua data dalam satu blok yang mencakup periode tingkat pertumbuhan Uighur yang tinggi (2010-2016). Mereka tidak pernah mengatakan apa yang terjadi antara 2017 dan 2020," kata Thum seperti dilansir radio free asia (www.rfa.org).

Menanggapi kondisi isi, PB HMI mendesak dunia internasional khususnya Indonesia untuk tidak mengakui buku putih yang diterbitkan pemerintah China.

Sebab, organisasi dengan lambang berwarna hijau hitam itu menilai buku putih diterbitkan untuk melenyapkan tabir kejahatan kemanusiaan dan aksi genosida terhadap muslim Uighur.

PJ Ketua Umum PB HMI Romadhon JASN mengatakan buku putih adalah kebohongan besar China untuk menghilangkan sejarah kelam dan catatan berdarah kebrutalan mereka dalam menghapus etnis Uighur.

PB HMI merespons secara keras buku putih yang diluncurkan oleh pemerintah China, apa sih isinya?