Apa Kabar Proyek Tol Cisumdawu?

Apa Kabar Proyek Tol Cisumdawu?
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Pemprov Jawa Barat siap membebaskan lahan untuk akses Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yakni dari Dawuan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya sudah melaksanakan tugas pembebasan lahan untuk kebutuhan konstruksi utama Tol Cisumdawu.

"Sesuai tupoksi, kami sudah 100 persen. Tinggal, kami mengoordinasikan yang sambungan dari Cisumdawu ke BIJB," kata Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil-, di Bandung, Rabu (16/6).

Dia menuturkan percepatan pembangunan Tol Cisumdawu telah dibahas antara pihaknya bersama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual dari Gedung Negara Pakuan Bandung.

Dalam pengerjaan Tol Cisumdawu sepanjang 60 kilometer itu, pemerintah daerah bertugas mengurusi pembebasan lahan. Sementara Kementerian PUPR mengerjakan konstruksinya.

Kang Emil menuturkan saat ini isu yang menjadi hambatan dalam pengerjaan Tol Cisumdawu yaitu pembebasan tanah kas desa.

Pihaknya pun intens berkoordinasi dengan Pemkab Sumedang untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Saya terus berkoordinasi dengan Pak Bupati (Sumedang) untuk menyelesaikan masalah lokal, itu tanggung jawab kami," katanya.

Pemprov Jawa Barat siap membebaskan lahan untuk akses Tol Cisumdawu yakni dari Dawuan menuju Bandara Kertajati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News