JPNN.com

Apakah 10.000 Langkah Sehari Bisa Membantu Anda Hidup Lebih Lama?

Selasa, 02 Juli 2019 – 23:38 WIB
Apakah 10.000 Langkah Sehari Bisa Membantu Anda Hidup Lebih Lama? - JPNN.com

jpnn.com - Bagi banyak orang, olahraga adalah permainan angka. Baru-baru ini banyak orang berusaha mencapai 10.000 langkah sehari, angka yang tampaknya ajaib untuk menentukan kebugaran. Bahkan Oprah Winfrey melakukannya.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak membutuhkan sebanyak itu untuk mendapatkan peningkatan kesehatan?

Sebuah penelitian baru-baru ini terhadap wanita lanjut usia menemukan bahwa mereka yang mengambil sekitar 4.400 langkah sehari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dalam beberapa tahun mendatang daripada mereka yang paling banyak duduk.

"Apa yang benar-benar menggembirakan bagi para wanita yang lebih tua ini adalah bahwa melakukan sedikit saja hal ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan mereka dan mereka benar-benar tidak memerlukan 10.000 langkah sehari untuk mendapatkan manfaat itu," penulis utama I-Min Lee, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School di Boston, seperti dilansir laman Today, Minggu (30/6).

"Saya tidak meminta Anda untuk keluar dan berolahraga - hanya bergerak saja," jelas Lee.

Banyak pelacak aktivitas datang dengan 10.000 langkah sehari sebagai tujuan default, tetapi tidak jelas dari mana angka itu berasal, tampaknya tidak ada yang ilmiah atau bermakna tentang hal itu.

Ini kemungkinan berasal dari nama pedometer yang dijual pada tahun 1965 di Jepang yang disebut "Manpo-kei," yang diterjemahkan menjadi "10.000 langkah meter" dalam bahasa Jepang. Seorang peneliti juga pernah mengatakan kepada Lee bahwa karakter Jepang untuk nomor 10.000 terlihat seperti pria yang berjalan, dan seorang jurnalis mengatakan bahwa 10.000 adalah angka keberuntungan di negara itu. Beberapa ahli mengatakan bahkan tujuan itu - yang setara dengan sekitar 5 mil - tidak cukup untuk membuat seseorang menjadi bugar atau menurunkan berat badan.

Tetapi bagi banyak orang, mengambil 10.000 langkah sehari mungkin tidak bisa dilakukan - dengan jumlah rata-rata untuk orang Amerika mendekati 4.000-5.000 langkah sehari.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy