Apandi Raih Medali Emas Sekaligus Pecahkan Rekor

Apandi Raih Medali Emas Sekaligus Pecahkan Rekor
Ardiansyah Apandi dalam penyerahan medali. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kontingen DKI Jakarta di PON XIX/2016 Jabar mendapatkan sumbangan medali emas pertama dari cabor atletik. Ardiansyah Apandi me‎njadi pahlawan kontingen Ibu Kota setelah menjadi yang terbaik di nomor lontar martil.

Dalam perlombaan ‎yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis (22/9), Ardi mencatatkan lontaran sejauh 52,28 meter. Catatan Ardi ini bukan hanya memberikan emas, tapi juga memecahkan rekor PON. 

"Alhamdulillah, Ardi emas atletik pertama. Awalnya dia kami target perak, karena Jabar ada Dudung Jayadi, ‎tapi dia ternyata bisa lebih baik dan pecah rekor," kata manajer atletik, Rahman Defiandi.

Rekor PON Sebelumnya, dipegang oleh ‎Hong Kok Kin dari Jabar dengan catatan lontaran sejauh 52,16 meter. Menurut Rahman, performa Ardi ini cukup mengejutkan, karena lontaran pertama yang dilakukannya langsung membuat rekor.

"Dari awal dia udah bilang ke saya, sebelum lempar itu yakin bisa emas. Benar, setelah enam kali percobaan lemparan, tuan rumah kalah lemparannya, Ardi yang terbaik," paparnya.

Setelah lemparan yang spektakuler dan mengejutkan itu, kepercayaan Ardi semakin berlipat. Sebaliknya, catatan itu sekaligus menjadi psywar bagi atlet lain yang lontarannya tak sampai sejauh Ardi.

Meski bagus di lontaran pertama, percobaan yang dilakukan Ardi di lontaran-lontaran berikutnya tak bisa melebihi catatan pertama.

"Dudung tadi sempat naik terus, 49 meter, kemudian 50‎ meter, coba lagi 51 meter. Tapi sampai lemparan keenam, tidak bisa lagi kejar," tuturnya. 

JAKARTA - Kontingen DKI Jakarta di PON XIX/2016 Jabar mendapatkan sumbangan medali emas pertama dari cabor atletik. Ardiansyah Apandi me‎njadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News