Aparat Dinilai Lebih Pro Pengusaha

Aparat Dinilai Lebih Pro Pengusaha
Aparat Dinilai Lebih Pro Pengusaha
JAKARTA--Direktur Eksekutif  Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi)  Berry Nahdian Forkan mendesak Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur Pradopo agar segera menarik seluruh pasukanya dari area perkebunan sawit di beberapa daerah Indonesia, khususnya untuk wilayah Mesuji, Lampung dan Sumatera Selatan.

Ia menilai, kehadiran aparat Brimob di Perkebunan justru  menjadi pemicu konflik antara pihak perusahaan dan warga sekitar. "Keterlibatan aparat polisi dalam semua kasus justru bukan untuk meredam konflik melainkan melindungi perusahaan. Maka jangan heran jika organisasi masyarakat sipil mengkategorikan mereka sebagai centeng perusahaan," kata Berry saat menggelar keterangan pers di Sekertariat Walhi, Jakarta, Jumat (16/12).

Dalam kasus Mesuji lanjut Bery, pemicu konflik karena pihak perusahaan perkebunan sawit telah merampas dan menguasai tanah warga sejak lama. Lalu, dengan memanfaatkan Polisi, Perusahaan meminta aparat tersebut menjaga dan mengamankan wilayah tanah perusahaan dari serangan warga yang biasanya melawan karena merasa tanahnya dirampas.

Ironisnya, Polisi bukan menjadi pengayom atau sekurangnya hadir disaat ketegangan terjadi, akan tetapi aparat memang telah bermarkas di areal kebun sawit dengan mendirikan pos-pos di dalam lahan perkebunan seperti didapati di PT BSMI di Lampung.

JAKARTA--Direktur Eksekutif  Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi)  Berry Nahdian Forkan mendesak Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News