APBN Masih Surplus Rp 40 T

APBN Masih Surplus Rp 40 T
APBN Masih Surplus Rp 40 T
JAKARTA – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih surplus Rp 40 triliun hingga akhir Juni ini. Pemerintah berjanji lebih efektif membelanjakan anggaran sehingga tidak mengakibatkan kelebihan sisa anggaran yang cukup besar.

”Surplusnya lebih dari Rp 40 triliun. APBNP (perubahan) yang akan diajukan minggu depan itu mencari bentuk yang bisa disepakati dengan DPR supaya anggaran bisa efektif, penyerapan bisa tinggi, dan tidak banyak dana yang menganggur,” papar Menteri Keuangan Agus Martowardojo di gedung DPR, Jakarta, Kamis (30/6).

Dia menyatakan, untuk menjaga kesehatan fiskal, pemerintah bakal mengendalikan belanja serta menggenjot penerimaan. ”Defisit akan dijaga sekitar 2 persen. Tentu kami mesti bisa melakukan dua hal yang utama. Yaitu, mengendalikan pengeluaran atau meningkatkan penerimaan,” jelasnya.

Salah satu cara pengendalian defisit, melanjutkan rencana pengendalian konsumsi BBM. Agus menerangkan, rencana yang dijadwalkan direalisasikan September tahun lalu itu mesti segera dilakukan. ”Kemenkeu lebih menyoroti, apakah budget-nya ada. Mohon budget tersebut dijaga agar tidak terlampaui,” katanya.

JAKARTA – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih surplus Rp 40 triliun hingga akhir Juni ini. Pemerintah berjanji lebih efektif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News