Api Biru Kawah Ijen, Simbol Semangat di Asian Games 2018

Api Biru Kawah Ijen, Simbol Semangat di Asian Games 2018
Oboro Asian Games di Kawah Ijen. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, BANYUWANGI - Api Asian Games akhirnya bersanding dengan api biru di kawah Ijen sekitar pukul 03.30, Minggu (22/7).

Sampainya api yang diambil dari New Delhi India di destinasi yang jadi kebanggaan Banyuwangi ini disaksikan oleh ratusan pengunjung.

Rombongan kirab obor sampai di Taman Wisata Alam Kawah Ijen Sabtu malam sekitar pukul 23.30 setelah melintasi kabupaten Probolinggo dan Bondowoso.

Obor Asian Games ini diserahterimakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi Wawan Yadmadi kepada Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur Nandang Prihadi.

Nandang Prihadi sebagai pengelola kawasan Kawah Ijen memimpin rombongan torch relay menuju puncak yang memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl).

“Perjalanan sekitar dua jam yang didominasi jalur yang menanjak ini sesuai dengan semangat juang para atlet yang akan tampil di kancah pesta olahraga se-Asia,” ujar Nandang.

Nandang juga menyampaikan bahwa obor Asian Games di Kawah Ijen ini untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia punya sesuatu yang sangat indah dan menantang yaitu blue fire.

“Hanya orang-orang yang punya spirit dan kemampuan yang bisa sampai ke atas, hal ini sama dengan spirit Asian Games,” tegasnya.

Rombongan Obor Asian Games menuju puncak Kawah Ijen yang memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News