Aplikasi HP Android Penyelamat Mobil

Aplikasi HP Android Penyelamat Mobil
Aplikasi HP Android Penyelamat Mobil

jpnn.com - SURABAYA - Pencuri kendaraan punya banyak cara untuk berbuat jahat. Namun, mahasiswa Untag tidak mau kalah cerdas. Mahasiswa teknik informatika bernama Windy Febrianto itu merancang aplikasi alat pengaman kendaraan, terutama mobil, agar benar-benar anti kejahatan. Windy menyebutnya lock my car.

Ide merakit alat tersebut muncul ketika teman satu kosnya kehilangan motor. Windy pun tertantang. Mahasiswa asal Tulungagung itu lantas merancang rangkaian alat yang dikendalikan dengan aplikasi android untuk mobil pribadinya. “Saya tidak mau waswas terus," ucapnya.

Pada aplikasi lock my car dalam handphone itu, terdapat tiga opsi perintah. Yang pertama lock. Dengan sekali memencet tombol lock yang muncul di layar, mesin mobil langsung mati. Kedua adalah tombol normal. Fungsinya mengembalikan mesin mobil agar dapat hidup lagi. Ketiga adalah perintah melihat posisi mobil melalui bantuan alat GPS. Alat itu terhubung dengan rangkaian alat lain yang telah dipasang di mobil.

Cara kerja alat tersebut sederhana. Aplikasi yang dirancang Windy itu berperan sebagai alat perintah seperti remote control. “Tombol-tombol tadi bila dipencet berarti mengirimkan SMS perintah ke rangkaian alat yang telah dipasang di mobil," ungkapnya.

Rangkaian alat dalam mobil terdiri atas modem GSM, mesin microcontroller, dan relay yang berperan sebagai sakelar pemutus arus. Setelah pengguna mengaktifkan perintah di aplikasi, otomatis terkirim perintah SMS yang ditangkap modem GSM. Selanjutnya, pesan itu diolah microcontroller, lalu diteruskan ke relay untuk mengondisikan mesin mobil agar keadaan hidup atau mati.

Windy sengaja menyembunyikan alat tersebut di tempat rahasia dalam mobil agar pencuri tidak curiga. "Jadi, kalau mobil dicuri, kita tinggal mengaktifkan perintah lihat posisi. Terus, lapor polisi dan membuntuti pelaku. Begitu sudah tahu pencurinya, tekan tombol untuk mematikan mesin. Pencuri bisa diringkus," kelakarnya.

Windy mengaku perlu waktu empat bulan agar aplikasi serta rangkaian alat itu siap dipakai. Dia hanya menghabiskan biaya Rp 1,5 juta. Dia bertekad mengembangkan lagi lock my car agar kuat dan tahan lama. (kus/c6/roz)


SURABAYA - Pencuri kendaraan punya banyak cara untuk berbuat jahat. Namun, mahasiswa Untag tidak mau kalah cerdas. Mahasiswa teknik informatika bernama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News