JPNN.com

Apple Resmi tidak Akan Produksi Mac Pro di Tiongkok

Selasa, 24 September 2019 – 19:35 WIB Apple Resmi tidak Akan Produksi Mac Pro di Tiongkok - JPNN.com
Suasana produksi Mac Pro di salah satu fasilitas Apple. Foto: Engadget

jpnn.com - Apple akhirnya mengonfimasi bahwa mereka akan merakit Mac Pro di pabrik Austin, Texas, Amerika Serikat.

Kini pihak perusahaan tidak malu terang-terangan memberikan informasi alasan perpindahan perakitan dari Tiongkok ke Amerika. Hal itu dilakukan lantaran impor ke china itu terlalu mahal untuk “komponen-komponen penting yang diperlukan” dalam sistem.

Apple menyatakan produksinya akan segera dimulai. Mereka juga telah menerima 10 dari 15 pengecualian yang diminta untuk komponen seperti motherboard.

Meski Apple memiliki jaringan pemasok di AS, banyak bagian komponen untuk komputer yang masih dibuat di Tiongkok.

CEO Apple, Tim Cook, pernah mengisyatkan bahwa pihaknya akan melakukan perakitan pada Juli lalu. Hal ini sebagai bagian dari komitmen Apple terhadap Amerika, termasuk investasi baru-baru ini ke Corning.

Seperti dilansir Engadget, Selasa (24/9), Apple dapat memproduksi Mac Pro di AS karena volumenya yang rendah (hanya sedikit orang yang akan membeli komputer seharga USD 6.000 atau setara Rp 84,7 juta) dan tingkat otomasi yang tinggi di pabrik Austin.

Selain itu, pabrik Apple di sana pun tidak akan banyak pekerja baru dan mungkin masih lebih praktis untuk membuat produk bervolume tinggi seperti iPhone dan MacBook di Tiongkok, bahkan jika tarif di masa depan memotong margin keuntungan Apple. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...