Apple Watch Bisa Identifikasi Pengguna via Tekstur Kulit

Apple Watch Bisa Identifikasi Pengguna via Tekstur Kulit
Patent Apple Watch bisa identifikasi pengguna dengan tekstur kulit. Foto: Patently Apple

jpnn.com - SAAT ini metode yang masih digunakan di Apple Watch untuk mengidentifikasi pemakaian dan membantu mengautentikasi pembayaran adalah Apple Pay. Di masa depan nanti bukan tidak mungkin Apple bakal mengganti metode itu.

Apple tampaknya akan membuat metode yang lebih aman untuk Apple Watch mengidentifikasi penggunanya.

Sebuah laporan dari Patently Apple mungkapkan, bahwa Apple bisa menanamkan sensor paten biometrik ke dalam band Apple Watch. Kemudian, sensor itu akan menangkap tekstur kulit pemakainya.

Artinya, saat jam dilepas dan dipasang kembali, watch bisa mengidentifikasi pengguna melalui tekstur kulit mereka. Mungkin juga bergantung pada penggunaan sensor gambar termal IR.

Gambar pada termal IR nantinya akan berusaha mengidentifikasi kerutan di kulit pengguna untuk membantu membuat tekstur dan pola lebih unik.

Sejauh ini belum dipastikan apakah tekstur kulit merupakan opsi keamanan biometrik yang layak, terutama dengan autentikasi berbasis vena yang baru saja dibobol. Tapi, metode keamanan kulit ini merupakan ide yang unik.

Layaknya sebuah paten, tidak diketahui juga apakah Apple akan melanjutkan atau tidak pengembangannya. Oleh karena itu, masih perlu dilihat lagi kelanjutannya. (mg9/jpnn)

Apple Watch berencana di masa depan bisa identifikasi pengguna via tekstur kulit.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News