Aquamarine, Aura si Biru Laut Seharga Rp 50 Juta

Aquamarine, Aura si Biru Laut Seharga Rp 50 Juta
Aquamarine, Aura si Biru Laut Seharga Rp 50 Juta. Foto Radar Lampung/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Aquamarine atau yang lebih dikenal dengan batu biru laut merupakan batu cincin permata yang menjadi salah satu batu mulia yang dikategorikan dalam mineral beryl, sama seperti batu zamrud.

Kata beryl sendiri asalnya dari bahasa Yunani. Arti kata beryl adalah biru kehijau-hijauan.

Sesuai dengan namanya, Aquamarine dan mineral yang ada di dalamnya yaitu beryl. Batu aquamarine ini pada umumnya berwarna biru kehijauan, biru laut, dan terkadang hijau bening.

Akan tetapi, di antara warna-warna tersebut, batu Aquamarine yang paling diburu adalah yang berwarna biru pekat.

Berbicara tentang kualitas batu permata Aquamarine, si batu biru laut ini termasuk batu mulia yang cukup keras. Nilai kekerasan batu Aquamarine mencapai 7.5–8 berdasarkan skala keras mohs.

Nah, tingkat kekerasan batu Aquamarine ini sama dengan batu zamrud. Kedua jenis batu mulia ini pun menduduki posisi kelima di bawah batu intan, corundum, chrysoberyl, dan batu topaz.

Namun, gemlovers mesti hati-hati. Pasalnya, Aquamarine adalah salah satu batu yang kerap dipalsukan karena memiliki nilai ekonomis tinggi.

Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab membuat batu sintetis Aquamarine lantaran batu jenis ini laku keras di pasaran batu permata.

JPNN.com - Aquamarine atau yang lebih dikenal dengan batu biru laut merupakan batu cincin permata yang menjadi salah satu batu mulia yang dikategorikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News