Sabtu, 20 Oktober 2018 – 00:29 WIB

Arab Saudi Siapkan USD 500 Juta demi Rambah Hollywood

Jumat, 19 Januari 2018 – 20:40 WIB
Arab Saudi Siapkan USD 500 Juta demi Rambah Hollywood - JPNN.COM

Uang dolar AS. Ilustrasi Foto: AFP

jpnn.com - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi rupanya tertarik menggeluti bisnis hiburan. Negeri kaya minyak itu menyiapkan dana lebih dari USD 500 juta atau sekitar Rp 6,75 triliun melalui Public Investment Fund (PIF) untuk merambah Hollywood.

Kabarnya, PIF sedang melakukan pembicaraan dengan sebuah perusahaan agensi ternama di Hollywood, Endeavor. Perusahaan agensi yang didirikan di Beverly Hills, California itu menangani artis peran kondang seperti Jake Gyllenhaal dan Emma Stone.

Jika kesepakatan tercapai maka PIF akan memiliki saham Endeavor antara 5-10 persen. Saat ini investor pemilik Endeavor merupakan perusahaan-perusahaan bonafid seperti Silver Lake, SoftBank Group Corp hingga perusahaan investasi milik pemerintah Singapura.

Namun, jika investasi dari Arab Saudi masuk maka Endeavor akan memperoleh dana tambahan. Dana segar itu akan digunakan untuk mengembangkan jaringan Endeavor di proyek-proyek hiburan.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi saat ini memang melonggarkan aturan-aturan yang selama ini diterapkan secara ketat. Posisi Pangeran Muhammad bin Salman di pemerintahan negeri kerajaan di Timur Tengah itu mewarnai kebijakan-kebijakan yang lebih moderat.

Pangeran Muhammad bin Salman bahkan mengakhiri kebijakan larangan bioskop. Rencananya, bioskop pertama di Arab Saudi akan dibuka pada Maret mendatang.(alaraby/ara/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar