Argentina Akui Perubahan Identitas Transgender

Argentina Akui Perubahan Identitas Transgender
Argentina Akui Perubahan Identitas Transgender

jpnn.com - BUENOS AIRES - Pejabat berwenang Argentina telah setuju memberikan kartu identitas perempuan pada seorang anak laki-laki berumur 6 tahun. Penyebabnya, anak laki-laki itu sejak berumur 4 tahun kerap bertingkah laku dan berpakaian layaknya seorang  wanita.

Kartu identitas serta akta kelahiran baru bagi anak laki-laki yang saat lahir diberi nama Miguel, atau Lulu saat mulai bertingkah seperti perempuan, diserahkan pada Rabu (9/10) lalu. "Mulai sekarang anakku bernama Luana," ucap sang ibu, seperi dikutip dari Washingtonpost, Sabtu (12/10).

Luana menjadi transgender pertama di Argentina yang memperoleh pengakuan resmi dari negara untuk mengubah jari dirinya,  sejak diberlakuknya aturan tentang perubahan jenis kelamin di dokumen resmi yang diberlakukan terhitung tahun lalu.

Aturan baru ini memungkinkan kaum transgender mendapat identitas baru tanpa perlu meminta izin ke pengadilan atau dokter terlebih dahulu. "Aku ingin Luana dihargai seperti wanita lain," tambah sang ibu. (pra/jpnn)

 


BUENOS AIRES - Pejabat berwenang Argentina telah setuju memberikan kartu identitas perempuan pada seorang anak laki-laki berumur 6 tahun. Penyebabnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News