Arti Guru Bagi Ketua KPK Terpilih Firli Bahuri

Arti Guru Bagi Ketua KPK Terpilih Firli Bahuri
Ketua KPK terpilih Firli Bahuri mengundang mantan gurunya ke rumah dinas jabatan Kapolda Sumsel. Foto: dokumen pribadi untuk jpnn

jpnn.com, PALEMBANG - Ketua KPK terpilih Firli Bahuri menyambut baik Hari Guru yang jatuh pada hari ini, Senin (25/11/2019).

Menurut Firli, Guru tidak sekadar mengajarkan apa yang tertera di atas kertas dan tercoret di papan tulis.

Mereka mewariskan keteladanan, bahwa kesabaran maupun amarah yang ditunjukkan mengandung nilai universal tentang bagaimana menghadapi hidup dengan sabar dan mendisiplinkan diri dengan baik.

Tak bisa dipungkiri, guru merupakan salah satu agen perubahan bangsa karena peran guru tidak terlepas dalam gerakan perubahan di berbagai aspek.

Atas dasar itulah peranan pendidikan untuk kualitas kehidupan bangsa tidak bisa dikesampingkan. Hanya melalui pendidikan, bangsa Indonesia dapat mengangkat harkat dan martabatnya. Dengan kata lain, keterlibatan dan peran guru sangat penting untuk menentukan peningkatan dan kualitas sebuah bangsa.

“Begitu besarnya peran guru, guru juga bisa melakukan perubahan peradaban. Dari orang yang tidak beradab menjadi beradab,” kata Firli Bahuri kepada wartawan, usai upacara parade penyambutan Kapolda Irjen Priyo Widyanto di Mapolda Sumatera Selatan, Senin (25/11/2019).

Guru merupakan suri tauladan yang sangat baik untuk setiap muridnya. Warisan keteladanan yang baik dari guru, pasti menjadi salah satu faktor keberhasilan anak muridnya dalam menjalani kehidupan di dunia.

Keikhlasan seorang guru, kata Firli, ibarat akar pohon yang memberikan nutrisi kepada ranting, batang, daun, hingga buah. Tetapi manusia hanya melihat kokoh, manis, dan bagusnya bunga dari pohon. Tanpa melihat peran akar di balik itu semua.

Guru merupakan salah satu agen perubahan bangsa karena peran guru tidak terlepas dalam gerakan perubahan di berbagai aspek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News