Arti Penting Pemahaman Politik Bagi Generasi Muda

Arti Penting Pemahaman Politik Bagi Generasi Muda
Dialog dan pendidikan politik bagi masyarakat di Gets Hotel Semarang, Kamis (14/3). Foto: Istimewa

jpnn.com, SEMARANG - Kasubdit Pendidikan Etika dan Budaya Politik Cahyo Ariawan mengatakan, pemilih muda harus diberi pemahaman politik menjelang Pemilu dan Pilpres 2019.

Menurut dia, pemahaman politik merupakan hal penting agar para calon pemilih muda memberikan hak suara dengan baik.

“Selain itu, agar mereka melakukan pilihan-pilihan atas dasar pertimbangan akal sehat dan daya kritis atas situasi politik yang dikehendakinya yaitu mengarah pada perwujudan stabilitas politik, sosial dan ekonomi," ujar Cahyo dalam dialog dan pendidikan politik bagi masyarakat di Gets Hotel Semarang, Kamis (14/3).

Dialog itu sendiri memang dikhususkan untuk memberikan pemahaman politik kepada generasi milenial.

Cahyo menambahkan, pemahaman politik menjadi suatu kebutuhan agar calon pemilih muda memiliki kesadaran akan pentingnya politik untuk masyarakat dan negara.

Cahyo menegaskan, pemilih muda merupakan harapan untuk memberi warna yang jernih di dalam sistem politik dan demokrasi Indonesia.

"Pemerintah telah berupaya melakukan kegiatan-kegiatan pendidikan politik yang mendorong agar jumlah partisipasi politik masyarakat dalam menyukseskan pemilu akan terus meningkat," tegas Cahyo.

Cahyo berharap generasi muda menjadi pemilih yang cerdas berpolitik serta dapat menjadi agen perubahan. (jos/jpnn)


Kasubdit Pendidikan Etika dan Budaya Politik Cahyo Ariawan mengatakan, pemilih muda harus diberi pemahaman politik menjelang Pemilu dan Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News