Pertemuan Tingkat Tinggi G20

AS - Tiongkok Hentikan Perang, Usul Indonesia Diakomodasi

AS - Tiongkok Hentikan Perang, Usul Indonesia Diakomodasi
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BUENOS AIRES - Dengan menikmati sirloin steak dan anggur malbec, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping sepakat untuk meredakan ketegangan hubungan.

Dua pemimpin negara dengan kue ekonomi terbesar di dunia tersebut menyetujui gencatan senjata dalam perang dagang yang mengguncang pasar keuangan dan arus barang global.

Gencatan senjata disepakati selama 90 hari. Dalam kurun itu, kedua negara akan berunding kembali untuk menuntaskan sengketa. Terutama terkait dengan perlindungan kekayaan intelektual dan sejumlah hambatan nontarif.

Gedung Putih menyatakan bahwa Tiongkok telah setuju membeli sejumlah produk agrikultur dan energi dari AS. Komitmen Tiongkok tersebut diperlukan untuk menekan defisit perdagangan Negeri Paman Sam dengan Tiongkok.

Dalam pertemuan resmi Sabtu malam, Trump menyetujui untuk menunda kenaikan tarif dari 10 persen menjadi 25 persen terhadap barang-barang senilai USD 200 miliar dari Tiongkok. Sebelumnya, kebijakan itu direncanakan untuk diterapkan per 1 Januari 2019.

"Ini adalah sebuah pertemuan yang menakjubkan dan produktif dengan berbagai kemungkinan tak terbatas untuk kedua negara, Amerika Serikat dan Tiongkok. Ini kehormatan bagi saya untuk bekerja bersama Presiden Xi," kata Trump seperti dikutip dari pernyataan resmi Gedung Putih.

Dikutip dari Xinhua, Penasihat Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Wang Yi menuturkan bahwa pertemuan dua presiden itu sangat bersahabat. Dua presiden berdiskusi selama 2,5 jam. Lebih lama dari jadwal semula.

"Mencapai pemahaman umum yang penting dan pertemuan tentu telah memetakan arah untuk hubungan antara Tiongkok dan Amerika Serikat dalam beberapa waktu mendatang," ujar dia.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping sepakat untuk meredakan ketegangan hubungan.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News