Asapnya Sama Jelang Letusan 2004

Asapnya Sama Jelang Letusan 2004
Foto: Radar Bromo
PROBOLINGGO -- Vulkanolog Gunung Bromo lainnya Mulyono mengatakan, aktivitas Bromo saat ini mempunyai kesamaan dengan aktivitas menjelang letusan tahun 2004 lalu yang sampai memakan dua korban jiwa. Diantara kesamaan itu adalah gempa tremor menerus disertai gempa vulkanik.

"Asapnya juga sama dengan ketinggian 200-300 M dari bibir kawah," ujar Mulyono. Namun Mulyono tidak mau berandai-andai tentang aktivitas Gunung Bromo saat ini. "Tergantung pada catatan seismograf," jelasnya.

Meski status awas, pihaknya belum memandang perlu dilakukan pengungsian pada warga. Sebab Gunung Bromo mempunyai kaldera berupa lautan pasir dengan luas 5 ribu hektar lebih, serta dinding kaldera yang cukup tinggi. "Kami berharap kalaupun meletus akan tertahan di dinding kaldera, tidak sampai ke pemukiman," tambah Mulyono.

Di kalangan penduduk Tengger sendiri, meningkatnya aktivitas Gunung Bromo ini masih tak mempengaruhi aktivitas harian mereka. Penduduk yang sebagian besar hidup bertani itu kemarin tetap terlihat dengan tenangnya bercocok tanam. (qb/fun/yud/jpnn/iro)

PROBOLINGGO -- Vulkanolog Gunung Bromo lainnya Mulyono mengatakan, aktivitas Bromo saat ini mempunyai kesamaan dengan aktivitas menjelang letusan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News