ASEAN Kian Percaya Diri Hadapi Krisis Ekonomi

ASEAN Kian Percaya Diri Hadapi Krisis Ekonomi
ASEAN Kian Percaya Diri Hadapi Krisis Ekonomi
LOMBOK — Salah satu fokus utama yang diusung Indonesia selama menjadi ketua Asean 2011 adalah pembenahan sistem ekonomi. Kebijakan itu dilakukan melalui penguatan sistem kerjasama antar negara anggota di bidang Ekonomi.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan, saat ini Asean lebih siap menghadapi krisis ekonomi berkat pembenahan yang dilakukan semenjak dilanda krisis 1997 silam. "Sepuluh tahun terakhir kita telah banyak belajar (dari krisis yang dialami)  dan sekarang komunitas kita lebh solid," ujar Marty yang mewakili Indonesia selaku Ketua Asean di sela-sela pertemuan menteri luar negeri Asean di Hotel Oberoi, Lombok Utara, NTB, Senin (17/1) siang.

Menurut Marty, banyak hal yang diraih Asean semenjak badai krisis yang menyapu sejumlah anggotanya itu. terutama dari bagaimana mengantisipasi krisis serta memperkuat kerjasama ekonomi regional. "Sekarang di tahun 2011 ini kita menjadi motor pertumbuhan ekonomi jika tidak bagi dunia setidaknya bagi kawasan ini," tambahnya.

Seperti diketahui, hampir seluruh negara-negara Asean mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif di saat sejumlah negara Eropa dan Amerika mengalami krisis finansial.  Ternyata, krisis keuangan global itu tidak terlalu berpengaruh terhadap perekonomian di kawasan Asean.

LOMBOK — Salah satu fokus utama yang diusung Indonesia selama menjadi ketua Asean 2011 adalah pembenahan sistem ekonomi. Kebijakan itu dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News