Indonesia Usung Topik Geo Politic

East Asia Summit Oktober 2011

Indonesia Usung Topik Geo Politic
Indonesia Usung Topik Geo Politic
JAKARTA—Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan East Asia Summit, Oktober mendatang. Pertemuan tingkat tinggi ini rencananya akan dilangsungkan di Bali, dengan Amerika dan Rusia sebagai anggota baru dalam pertemuan negara-negara Asia timur ini.

Selaku ketua Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (Asean), Indonesia mengajukan sejumlah topik utama yang akan dibahas di forum itu. Salah satunya pembahasan perkembangan politik global yang dinilai berpengaruh besar terhadap perkembangan di Asia.

‘’ Dalam hal ini Indonesia memberikan pandangan  bahwa pada tahun 2011 ini East Asia Summit perlu difokuskan pada masalah geo politik, masalah-masalah  strategis yang  luas dan menyeluruh,’’ ujar Mentri luar negeri Marty Natalegawa mewakil Indonesia selaku ketua Asean di sela-sela pertemuan menteri-menteri luar negeri Asean di Hotel Oberoi, Lombok Utara, NTB, Senin (17/1).

Disebutkan pertemuan EAS ini sangat penting bagi Asean guna menciptakan stabilitas keamanan di kawasan ini. Karena itulah tambah Marty, dalam waktu dekat para menlu akan bertemu kembali untuk membahasa pertemuan itu. ‘’ Intinya agar KTT Asia Timur bisa membantu  menciptkana adanya kawasan yang damai  yang stabil dan aman di  Asia Timur,’’ tambahnya.

JAKARTA—Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan East Asia Summit, Oktober mendatang. Pertemuan tingkat tinggi ini rencananya akan dilangsungkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News