ASEAN Siap Bantu Australia, Brazil dan Srilanka

ASEAN Siap Bantu Australia, Brazil dan Srilanka
ASEAN Siap Bantu Australia, Brazil dan Srilanka
JAKARTA—Para menteri luar negeri Asean menyatakan duka mendalam terkait banjir yang melanda Australia, Brazil dan Srilanka. Mereka kemudian bersepakat untuk menyiapkan bantuan bagi negara-negara itu jika membutuhkan pertolongan.

‘’Para menlu menyampaikan keprihatinan dan simpati dan kesiapan untuk memberikan bantuan sebagaimana dibutuhkan oleh negara-negara  dimaksud,’’ ujar Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa, mewakili Indonesia selaku ketua Asean di sela-sela pertemuan menteri-menteri luar negeri Asean di Hotel Oberoi, Lombok Utara, NTB, Senin (17/1) siang.

Disebutkan, Asean sebagai bagian dari komunitas dunia merasa terpanggil untuk mengulurkan bantuan bagi negara-negara yang tertimpa becana itu. Karena itulah sebagai bentuk solidaritas, Asean siap memberi bantuan. Hal ini tambah Marty, menjadi salah satu pokok bahasan para mentri itu.

Seperti diketahui banjir besar telah mengisolir kawasan Queensland, Australia. Ini menyebabkan sekitar 30 ribu rumah terendam dan belasan warga meninggal dunia. Bencana ini terjadi sejak pekan lalu setelah hujan lebat terus menerus melanda persemakmuran Britania itu. Meskipun kini surut, kerugian yang ditimbulkan diprediksi mencapai puluhan triliun rupiah. Pasalnya aktivitas ekonomi terhenti, rusaknya infrastruktur dan permukiman.

JAKARTA—Para menteri luar negeri Asean menyatakan duka mendalam terkait banjir yang melanda Australia, Brazil dan Srilanka. Mereka kemudian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News