Astaga, Puluhan Warga Kejang-Kejang Gara-Gara Keracunan Bahan Kimia

Astaga, Puluhan Warga Kejang-Kejang Gara-Gara Keracunan Bahan Kimia
Ilustrasi

jpnn.com - BEKASI - Puluhan warga yang tinggal di Kampung Bangkongreang,  RT 01 RW 03, Desa Wabgubharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi keracunan bahan kimia, Senin (2/11). Korban rata-rata menderita sesak nafas, kejang-kejang hingga detak jantung melemah.

Kapolresta Bekasi Kabupaten, Kombes Awal Chaerudin mengatakan, total korban keracunan akibat bahan kimia dari PT  Dalzon Chemical Indonesia itu berjumlah 51 orang. Seluruh korban sudah dirawat di tiga rumah sakit yang berada di Kabupaten Bekasi, yakni RS Medirosa, RS Mitra Keluarga Cikarang, yakni 27 orang di RS Medirosa, dan 24 orang dirawat di RS Mitra Keluarga Cikarang.

”Sekarang seluruh korban sedang dalam perawatan medis,” katanya, Senin (2/11).

Selama ini, kata Chaerudin, perusahaan itu memproduksi Pestisida, Insektisida, Herbisida, Fungsida, Furmolator, Agro Kimia. Dan diduga, kata dia, saat kejadian itu berlangsung, perusahaan sedang mencoba tes mesin yang sebelumnya mengalami kerusakan. ”Karena dua minggu lalu, mesinnya rusak, yang seharusnya pembuangan asapnya ke atas. Tapi kali ini asapnya berputar-putar dibawah ruangan, sehingga terjadi keracunan,” jelasnya.

Atas kejadian itu, para korban kata Chaerudin, korban mengalami sesak nafas, Inspeksi saluran pernapasan, sakit kepala dan denyut jantung terus melemah. Beruntung, insiden itu, tidak sampai merenggang nyawa. ”Tidak ada korban meninggal dalam kejadian ini,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang  korban yang tinggal di dekat lokasi PT Dalzon Chemical Indonesia, Darsih, 17, mengatakan, tubuhnya tiba-tiba tidak enak seperti biasanya. Dia mengaku, kepalanya mendadak pusing. ”Tiba-tiba perut saya mual,”  tuturnya.

Saat ini, Darsih sedang menjalani perawatan medis di RS Medirosa Cikarang, di ruang kelas III. Darsih dirawat bersama sejumlah warga lainnya yang mengalami hal serupa.Sampai saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan atas kasus keracunan warga yang tinggal di sekitar PT Dalzon Chemical Indonesia.  (dny/jpnn)

BEKASI - Puluhan warga yang tinggal di Kampung Bangkongreang,  RT 01 RW 03, Desa Wabgubharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi keracunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News