Asyik, Layanan Uji Kendaraan Bermotor Bakal Dilakukan Secara Online

Asyik, Layanan Uji Kendaraan Bermotor Bakal Dilakukan Secara Online
Sepeda motor di Jalan MH Thamrin, Jakarta. Foto Haritsah Almudatsir/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan mengembangkan layanan uji tipe kendaraan bermotor secara online. Itu dilakukan untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih cepat, terintegasi dan transparan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI)

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, JA Barata menjelaskan, layanan uji tipe kendaraan bermotor secara online dengan nama Vehicle Type Approval (VTA) ini meliputi beberapa pengujian.

Yakni pengujian tipe kendaraan bermotor, penerbitan sertifikat uji tipe (SUT) kendaraan bermotor, pengesahan rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor, dan penerbitan sertifikat registrasi uji tipe (SRUT).

"VTA Online merupakan sistem layanan berbasis web yang mengintegrasikan sistem pada instansi terkait yang menerbitkan serta mencetak SUT dan SRUT adengan proses singkat dan waktu yang terukur," ujar Barata di Jakarta, Rabu (30/3).

Nah, dengan menggunakan layanan online tersebut, SUT dan SRUT nantinya bisa diterbitkan dalam jangka waktu paling lama tujuh hari kerja, sejak persyaratan diterima secara lengkap. Di mana sebelumnya bisa memakan waktu hingga satu bulan.

Meski dengan sistem online, Kementerian Perhubungan tetap mengutamakan faktor keselamatan dalam pengujian kendaraan bermotor yaitu dengan tetap melakukan pengujian secara langsung di lapangan yang dilakukan oleh BPLJSKB.

Setelah melakukan pengujian kendaran bermotor, BPLJSKB akan memberikan hasil uji kendaraan bermotor yang akan dijadikan acuan penerbitan SUT oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

"Layanan online ini bisa diakses di tautan vta.dephub.go.id dan direncanakan akan diluncurkan secara resmi oleh Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan pada Kamis, (31/3) besok di Kantor Kementerian Perhubungan," kata Barata. (chi/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News