Asyik... Tenaga Honorer K-2 di Surabaya Terima Rapel Gaji

Asyik... Tenaga Honorer K-2 di Surabaya Terima Rapel Gaji
Ilustasi.

jpnn.com - SURABAYA - Para tenaga pendidik honorer kategori dua (K-2) kemarin (22/9) bisa jadi sangat semringah. Betapa tidak, dalam bulan ini, mereka menerima gaji dobel, yakni untuk September dan Agustus.

Pencairan itu berlaku untuk tenaga honorer K-2 tahap III. Yaitu, tenaga honorer K-2 yang mendapat surat perintah melaksanakan tugas (SPMT) per 1 Agustus.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya Aston Tambunan menjelaskan, ada 178 orang yang mendapat rapel gaji kemarin.

Besaran gaji yang diterima antara satu orang dan yang lain tidak sama. Ada tiga komponen yang memengaruhi. Yaitu, golongan kerja, masa kerja, dan jumlah keluarga yang ditanggung.

Koordinator Gaji Dispendik Surabaya Agus Kukuh menambahkan, semakin tingi golongan kerja, semakin besar pula tunjangan gaji yang diterima. Hal itu diikuti masa kerja serta jumlah anggota keluarga yang ditanggung. 

Dia mencontohkan tenaga honorer A yang memiliki golong kerja III-a, masa kerja 15 tahun, dan satu anak. Sementara itu, tenaga honorer B memiliki golongan kerja III-a, masa kerja 15 tahun, dan dua anak. Dalam kondisi tersebut, gaji yang diterima pegawai B lebih banyak daripada pegawai A.

Agus menerangkan, rapel gaji diberikan secara langsung kepada tenaga honorer K-2 melalui rekening. Namun, pemberian tersebut bertahap. Pada awal bulan, mereka menerima gaji pokok untuk September, sedangkan kemarin mereka menerima rapel gaji Agustus. 

''Artinya, mereka menerima gaji dua kali lipat dalam bulan ini,'' kata Agus.

SURABAYA - Para tenaga pendidik honorer kategori dua (K-2) kemarin (22/9) bisa jadi sangat semringah. Betapa tidak, dalam bulan ini, mereka menerima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News