Atasi Kecanduan Ponsel dengan Trik Sederhana

Atasi Kecanduan Ponsel dengan Trik Sederhana
Ilustrasi ponsel. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Lebih dari dua pertiga orang di Inggris akan mengakui bahwa mereka menggunakan ponsel mereka terlalu sering, seperti yang dicatat oleh sebuah survei yang dilakukan oleh Deloitte tahun lalu.

Sementara banyak dari kita akan mengakui bahwa membatasi penggunaan telepon jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Ada trik sederhana yang bisa Anda coba agar lebih sadar akan jumlah waktu yang dihabiskan tanpa berpikir untuk mengecek ponsel Anda.

Beberapa waktu lalu, koresponden pendidikan digital terkemuka untuk NPR dan penulis The Art of Screen Time, Anya Kamenetz hadir di TiLT Parenting Podcast untuk membahas cara orang tua menggunakan ponsel mereka di depan anak-anak mereka.

Kamenetz merekomendasikan agar orang tua mencoba mengumumkan apa yang mereka lakukan saat mereka memeriksa telepon mereka.

Melakukan hal ini akan membantu mereka menciptakan lingkungan yang terbuka dengan anak-anak mereka sementara juga memungkinkan mereka untuk lebih sadar akan tindakan mereka.

"Apa yang membantu saya adalah sesuatu yang dilakukan teman saya, Danah Boyd, yang merupakan pakar media sosial, dimana Anda mengangkat telepon Anda di sekitar anak-anak Anda dan cukup ceritakan apa yang akan Anda lakukan," katanya," kata Kamenetz, seperti dilansir laman MSN, Senin (9/4).

"Saya pikir ini adalah cara yang sangat bagus untuk meminta pertanggungjawaban Anda juga dan untuk membantu anak-anak memahami apa yang Anda lakukan," jelas Kamenetz.

Ada trik sederhana yang bisa Anda coba agar lebih sadar akan jumlah waktu yang dihabiskan tanpa berpikir untuk mengecek ponsel Anda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News