Langkah Pertama Mengatasi Kecanduan Ponsel

Langkah Pertama Mengatasi Kecanduan Ponsel
Ilustrasi bermain ponsel. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Sama seperti kita melatih diri untuk mengonsumsi lebih sedikit gula.

Kita juga bisa melakukan hal yang sama untuk kecanduan terhadap smartphone, komputer dan perangkat lain.

Menurut Erik Peper, seorang profesor pendidikan kesehatan di San Francisco State University, langkah pertama adalah mengakui bahwa perusahaan teknologi memanfaatkan dan memanipulasi respons biologis kita terhadap bahaya.

Dengan kata lain, ketika kita mendengar ping dari telepon kita, kita beralih ke mode siaga tinggi (dan terkadang kecemasan), mempersiapkan diri untuk apa yang mungkin kita temukan ketika kita memeriksa pesan - apakah itu pemberitahuan teks, email atau media sosial.

Untuk mengatasi hal ini, Peper menyarankan untuk mematikan pemberitahuan push sepenuhnya untuk mengurangi kecemasan itu pada sumbernya.

Tapi bukankah itu bisa membuat seseorang lebih cemas - tidak tahu apakah mereka dibutuhkan atau jika sesuatu yang buruk terjadi?

Mungkin, tetapi Peper merekomendasikan penjadwalan waktu tertentu sepanjang hari yang didedikasikan untuk menanggapi email dan media sosial.

Dengan cara ini, Anda bisa fokus pada tugas-tugas penting selama sisa hari tanpa terganggu oleh pesan dan merasa terdorong untuk segera meresponnya.

Kita juga bisa melakukan hal yang sama untuk kecanduan terhadap smartphone, komputer dan perangkat lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News