Aturan USBN Delapan Mapel di SD Belum Juga Terbit

Aturan USBN Delapan Mapel di SD Belum Juga Terbit
Siswa SD. Ilustrasi Foto: Doni K/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ujian sekolah berstandar nasional (USBN) untuk delapan mata pelajaran (mapel) di jenjang SD akan diterapkan mulai 2018.

Namun hingga saat ini belum ada kejelasan terkait pelaksanaannya. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang mengaturnya juga belum keluar.

Dengan masa persiapan yang mepet, pelaksanaan USBN di SD berpotensi masalah.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menuturkan pada prinsipnya pelaksanaan USBN untuk delapan mata pelajaran sudah siap.

Tinggal menunggu diterbitkannya Permendikbud tentang Ujian Nasional dan USBN 2018.

Draft Permendikbud sudah disusun dan dibahas untuk kemudian disahkan Mendikbud Muhadjir Effendy. BSNP sendiri merupakan otoritas penyelenggara ujian nasional.

’’Saya terima info hari ini (kemarin, red) tadi masih dibahas internal kementerian,’’ katanya saat dikonfirmasi, Jumat (5/1).

Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu mengatakan sampai saat ini BSNP juga belum mengeluarkan kisi-kisi USBN jenjang SD. Sebab BSNP masih menunggu terbitnya Permendikbud itu.

Ketua BSNP Bambang Suryadi menyatakan, pelaksanaan USBN di SD untuk delapan mata pelajaran tingga menunggu Permendikbud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News