Awal Tahun, Harga Bahan Pokok Masih Tinggi

Awal Tahun, Harga Bahan Pokok Masih Tinggi
Awal Tahun, Harga Bahan Pokok Masih Tinggi
JAKARTA- Harga bahan pokok cenderung tinggi pada awal tahun ini. Berdasar tren harga tahunan untuk sejumlah komoditas memang mengalami kenaikan. Di antaranya beras, gula dan cabai. Dari hasil pantauan di sejumlah pasar, peningkatan cukup signifikan terjadi untuk cabai. Sedangkan beras cenderung stabil dibanding akhir tahun lalu karena dilakukannya operasi pasar di sejumlah daerah.

Awal bulan ini, harga beras medium atau dikenal IR 64 di sejumlah pasar tradisional DKI Jakarta secara tren harian tidak menunjukkan lonjakan. Di Pasar Senen, harga beras medium sebesar Rp 8.000 per kg. Sedangkan di pasar Koja Baru dihargai Rp 7.000 per kg dan pasar Rawamangun RP 7.500 per kg.

Berdasar laporan pemantauan harga Kementerian Perdagangan menyebutkan, secara nasional tercatat harga beras medium sebesar Rp 7.213 per kg dengan harga tertinggi di Padang Rp 10.000 per kg dan terendah di Jayapura Rp 5.000 per kg. Dibandingkan Desember 2010 lalu, harga beras memang menunjukkan tren naik. Rata-rata nasional Desember 2010 lalu harga beras Rp 7.125 per kg. 

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, kenaikan harga beras bagian dari tren tahunan. Memang, menjelang akhir tahun harga beras selalu tinggi. Rata-rata nasional November 2010 mencatat harga beras masih di posisi Rp 6.797. "Untuk itu kami menstabilkan harga sebisa mungkin, terutama mengamankan lonjakan harga bagi masyarakat berpendapatan rendah," kata Mari.

JAKARTA- Harga bahan pokok cenderung tinggi pada awal tahun ini. Berdasar tren harga tahunan untuk sejumlah komoditas memang mengalami kenaikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News