Awalnya Lumpuh, Akhirnya Sukses Ciptakan Tangan Robot

Awalnya Lumpuh, Akhirnya Sukses Ciptakan Tangan Robot
I Wayan Sumardana alias Tawan. FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - KELUMPUHAN akibat strok ringan, tak membuat I Wayan Sumardana alias Tawan menyerah. Dengan semangat dan keuletannya, dia malah berhasil menciptakan tangan robot seperti sosok di balik Iron Man, Tony Stark. 

Pria Bali berusia 31 tahun itu pun dijuluki manusia robot dari tetangga-tetangganya karena berhasil membuat tangan robot yang bisa digerakkan otaknya. Semua berawal setelah pria dengan profesi tukang las itu mengalami kelumpuhan total pada tangan kirinya akibat jatuh sakit dan terkena stroke ringan. Di sisi lain, Tawan merupakan tulang punggung keluarga, istri dan tiga anaknya. Sempat stres, Tawan pun terus memutar otak dan mencari informasi di internet untuk merancang robot yang bisa membantunya menggerakkan tangannya yang lumpuh. 

Upaya lulusan STM ini pun membuahkan hasil setelah beberapa kali mengalami kegagalan. Robot sejenis EEG berhasil ia ciptakan.

“Meski belum sempurna, (tangan robot) ini sudah lumayan membantu,” katanya. Menariknya, Tawan membuat semua bagian robot tersebut dari barang bekas, mulai dari shock sepeda motor hingga rongsokan komputer. Robot tangan ciptaan Tawan bergerak berdasarkan sinyal dari otaknya. Ia mengaku harus berkonsentrasi penuh untuk melakukannya. Tangan itu juga bisa ia gunakan untuk mengangkat barang seberat 10 kilogram. (bca/adv)


KELUMPUHAN akibat strok ringan, tak membuat I Wayan Sumardana alias Tawan menyerah. Dengan semangat dan keuletannya, dia malah berhasil menciptakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News