Awas! Antibiotik dalam Daging Membuat Kita Gemuk

Awas! Antibiotik dalam Daging Membuat Kita Gemuk
Ilustrasi daging sapi. Foto: JPNN

jpnn.com - Petani memberi antibiotik kepada hewan bukan hanya untuk menangkal penyakit, tetapi juga untuk mendorong pertumbuhan.

Obat-obatan merangsang nafsu makan dan hewan menambah berat badan dengan cepat, mengurangi jumlah hari yang dibutuhkan untuk mencapai kematangan.

Praktek ini dimulai pada 1950-an, ketika peternak menemukan bahwa sapi yang dirawat karena infeksi bertambah berat dan itu menjadi praktik umum pada tahun 1970-an.

Meskipun ini muncul dengan banyak masalah etika, ada dua masalah kesehatan utama yang muncul dari praktik ini.

Salah satunya adalah peningkatan resistensi antibiotik. Perhatian kedua adalah kecurigaan para ilmuwan bahwa jejak antibiotik dalam daging mungkin melakukan hal sama pada manusia yang memakannya. Seperti yang mereka lakukan untuk membuat hewan lebih gemuk.

Hipotesis ini menunjukkan bahwa antibiotik dalam makanan membunuh flora usus dan membuang keseimbangan spesies mikroorganisme di usus.

"Banyak jenis bakteri di usus Anda membantu tubuh Anda menyerap kalori dari makanan. Jika Anda memiliki ketidakseimbangan bakteri - terlalu banyak dari jenis yang memecah makanan menjadi energi - Anda mungkin menyerap lebih banyak kalori dari jumlah yang sama dari makanan yang Anda makan daripada yang seharusnya," kata peneliti University of California.

Penelitian baru mulai memahami efek mikroflora pada tubuh manusia.

Kecurigaan para ilmuwan bahwa jejak antibiotik dalam daging mungkin membuat manusia jadi gemuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News