Awas, Berolahraga juga Bisa Merusak Gigi

Awas, Berolahraga juga Bisa Merusak Gigi
Berolahraga juga bisa merusak kesehatan gigi. Foto: istimewa

jpnn.com - PENELITI Jerman menemukan bahwa semakin lama seorang atlet berlatih, maka semakin banyak kerusakan pada gigi mereka karena semakin sedikit air liur yang mereka produksi.

Untuk setiap jam tambahan pelatihan setiap minggu, studi ini menemukan peningkatan risiko seseorang membutuhkan tambalan pada gigi mereka, gigi mereka telah membusuk atau gigi yang hilang.

Latihan dapat merusak gigi karena membuat air liur lebih basah yang menciptakan tempat berkembang biak yang baik bagi bakteri penyebab plak atau yang dikenal dengan sebutan air liur alkaline.

"Ini hanyalah sebuah hipotesa sementara, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk benar-benar menentukan apakah memang latihan yang dilakukan para atlet ini menyebabkan kerusakan pada gigi mereka," kata dokter gigi senior di University Hospital Heidelberg, Dr. Cornelia Frese, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (11/11).

Dia menambahkan bahwa atlet harus merawat lebih baik dari gigi mereka. "Selain itu, ada kebutuhan untuk rezim kesehatan mulut latihan disesuaikan dengan modifikasi gizi di bidang olahraga kedokteran gigi," pungkasnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa tiga perempat dari 278 atlet bersaing di Olimpiade memiliki penyakit gusi, sementara setengahnya memiliki gigi berlubang dan erosi gigi. (fny/jpnn)


PENELITI Jerman menemukan bahwa semakin lama seorang atlet berlatih, maka semakin banyak kerusakan pada gigi mereka karena semakin sedikit air liur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News