Awas! Es Doger Mengandung Pewarna Tekstil Dijajakan di SD

Awas! Es Doger Mengandung Pewarna Tekstil Dijajakan di SD
Petugas dari Puskesmas Slawi saat memeriksa kandungan zat kimia dalam jajanan yang dijual di depan SD. Foto: Yerri Novel/Radar Slawi

jpnn.com, TEGAL - Ini warning untuk para penggemar es doger. Di Slawi, Kabupaten Tegal, ada es doger yang mengandung pewarna tekstil.

Es doger dengan kandungan senyawa kimia itu dijajakan di sekolah dasar (SD). Hal itu terungkap setelah Puskesmas Slawi melakukan pemeriksaan rutin tentang jajajan yang dijual di depan sekolah, Kamis (6/12).

Staf Bagian Sanitarian Puskesmas Slawi Endah Sri Mumpuni mengungkapkan, rhodamin B sangat berbahaya bagi tubuh manusia, terlebih jika dikonsumsi oleh anak di SD. "Kami akan melakukan pemeriksaan rutin di tiap sekolah yang ada jajanannya," kata Endah seperti diberitakan laman radartegal.com.

Endah pun mengharapkan pihak sekolah memperhatikan jajanan yang dijual di lingkungannya. Dia menyarankan pihak sekolah memeriksa kandungan jajanan yang akan dijual di lingkungan sekolah terlebih dahulu.

"Itu langkah internal yang harus dilakukan pihak sekolah supaya anak-anak terhindar dari jajanan yang mengandung zat berbahaya," ujarnya.

Kepala SDN Slawi Kulon 3 Kabupaten Tegal Sudirno mengaku bakal mengawasi peredaran jajanan di sekolahnya. "Semoga temuan ini yang terakhir di sini," harapnya.(yer/ima/zul)


Es doger yang dijajakan di depan sekolah dasar (SD) di Slawi, Kabupaten Tegal ternyata mengandung zat rhodamin B yang biasa digunakan untuk pewarna tekstil.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News