Ayo, Genjot Latihan Kerjakan Soal HOTS UN 2019

Ayo, Genjot Latihan Kerjakan Soal HOTS UN 2019
Siswa SMA mengerjakan soal UNBK. Ilustrasi Foto: Rojai/Lombok Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur mengingatkan seluruh sekolah SMA/SMK negeri serta swasta dan Madrasah Aliyah (MA) untuk mulai menggenjot latihan mengerjakan soal HOTS (higher order thinking skills) untuk menghadapi Ujian Nasional 2019.

Karena di 2018 posisi Jatim mendapat peringkat terendah saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Dispendik Jatim, Saiful Rachman mengatakan posisi Jatim mendapat peringkat terendah pada UNBK tahun lalu karena rendahnya pemahaman siswa terhadap soal-soal HOTS.

“Kita memahami itu, salah satu faktor hasil UNBK kita rendah karena kurangnya pemahaman soal HOTS. Dan menyebabkan siswa kesulitan mengerjakan soalnya. Jadi harus di kaji lagi agar ada peningkatan,” kata Saiful Rachman.

Lebih lanjut disampaikan, salah satu hasil evaluasi dari pelaksanaan UNBK tahun 2017, tidak hanya pada tahap evaluasi dalam hal-hal teknik seperti penerapan CCTV. Melainkan juga menyiapkan mental dan pemahaman siswa terhadap soal-soal UNBK.

“Sekolah harus melatih para siswa mengerjakan soal-soal HOTS dan mengurangi beban anak-anak dengan materi yang tidak terkait dengan UNBK. Oleh karena itu, tahun ini kita fokuskan semua sekolah untuk mengupas soal-soal HOTS hingga siswa paham,” tegasnya.

Salah satu langkah Dispendik Jatim agar seluruh sekolah mampu menyelesaikan model HOTS, termasuk sekolah terpencil dan pinggiran adalah menggunakan pola SMA jaringan. Dengan begitu, sekolah yang merasakan kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS bisa belajar dari sekolah unggulan yang menjadi induk dari SMA Jaringan.

“Jadi dengan adanya program SMA jaringan ini dimaksudkan agar semua sekolah saling mengisi. Sekolah di pinggiran juga bisa ngimbangi. Sehingga kualitasnya juga bisa bersaing dengan SMA-SMA lainnya,” urainya.

Menghadapi UN (Ujian Nasional) Tahun 2019, para siswa SMA / SMK harus digenjot latihan mengerjakan soal HOTS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News