Distribusikan 400 Unit Komputer untuk UNBK

Distribusikan 400 Unit Komputer untuk UNBK
UNBK SMP. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Kesiapan Jawa Timur dalam menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) saat ini terus ditingkatkan. Sekolah diharapkan tidak lagi memiliki masalah terkait sarana dan prasarana dalam pelaksanaan ujian.

Tahun ini ada 400 unit komputer yang didistribusikan ke SMA/SMK di Jatim untuk pelaksanaan UNBK.

Kepala Dispendik Jatim Saiful Rachman mengajak sekolah mempersiapkan diri. Secara umum, sekolah sudah siap secara teknis untuk pelaksanaan UNBK.

Untuk mendukung kelancaran UNBK tahun ini, pemerintah juga sudah memberikan bantuan 400 unit komputer. "Sudah jalan semua. Bantuan-bantuan itu bagi mereka yang kurang saja," katanya.

Bantuan 400 unit komputer tersebut sudah terdistribusi. Baik ke SMA dan SMK negeri maupun swasta. Komputer itu tidak semata-mata digunakan untuk UNBK, tetapi juga sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar siswa.

Menurut Saiful, sekolah yang mendapat bantuan tersebut otomatis akan menambah kapasitas komputer yang ada di sekolah yang bersangkutan. "Sehingga bisa mengurangi. Kalau biasanya ujian dua gelombang, bisa jadi satu gelombang," tuturnya.

Dengan demikian, tidak ada lagi sekolah yang melaksanakan ujian berbasis kertas. "Karena tambahan komputer sudah kita distribusikan merata," ucap Saiful.

Terkait sekolah yang tahun sebelumnya bergabung dengan sekolah lain untuk pelaksanaan UNBK, Saiful menyebut hal itu terjadi karena status akreditasi sekolah, bukan karena tidak siap mengikuti UNBK lantaran tidak memiliki komputer.

Kesiapan Jatim dalam penyelenggaraan UNBK tahun ini lebih maju dari tahun sebelumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News