Ayo Ikut Marathon di Borobudur, Ada Hadiah Rp 4 M

Ayo Ikut Marathon di Borobudur, Ada Hadiah Rp 4 M
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Semakin banyak wisatawan mancanegara (wisman) maupun turis domestik yang mencari suasana udara segar pedesaan. Bukan hanya sekadar suasana pedesaan, wisatawan juga mencari pemandangan indah dengan lokasi monumental tapi berudara segar.

Suasana itulah yang akan ditawarkan pada 20 November mendatang di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Akan ada Bank Jateng Borobudur Marathon 2016 di sekitar candi Budha terbesar di dunia itu.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun mengapresiasi langkah Bank Jateng menggelar event itu. Terlebih, hadiahnya tergolong wah.

"Borobudur Marathon ini termasuk yang paling besar hadiah uangnya, Rp 4 M. Terima kasih Bank Jateng yang support kegiatan ini. Sebuah perpaduan sport tourism yang apik. Sambil berolahraga, anda bisa menyaksikan kedahsyatan salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia," ujar Arief, Senin (7/11).

Di Borobudur Marathon 2016, wisatawan bisa berkompetisi dengan pelari dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Bonusnya adalah menikmati segarnya udara khas pedesaan dan pemandangan cantik pegunungan di Jawa Tengah.

"Catat tanggalnya, 20 November 2016. Jangan sampai Anda melewatkannya!" kata Arief yang telah menetapkan Borobudur ke dalam dahtar 10 destinasi wisata unggulan itu.

Arief menambahkan, mengembangkan pariwisata kawasan Borobudur harus menggunakan prinsip Blue Ocean atau mencari ruang pasar yang belum ada pesaingnya. Menteri asal Banyuwangi itu memilih menghindari konsep Red Ocean yang di dalamnya sudah terjadi pertarungan keras.

"Kita buat persaingan itu menjadi irelevan, tidak ada kaitannya. Mengapa Nusa Dua dibangun di sana? Bukan di Besakih, bukan di Kuta, Sanur atau Tanah Lot? Toh sukses juga di lokasi yang dulu dianggap jauh sekali dari pusat atraksi? Begitu pun di Borobudur, kita buat di luar Zona 1-2-3," ujarnya.

JAKARTA - Semakin banyak wisatawan mancanegara (wisman) maupun turis domestik yang mencari suasana udara segar pedesaan. Bukan hanya sekadar suasana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News