Ayo Tebak, Baju Adat Apa yang Dipakai Jokowi di HUT ke-73 RI

Ayo Tebak, Baju Adat Apa yang Dipakai Jokowi di HUT ke-73 RI
Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian adat Aceh, sempat menyapa tamu undangan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, sebelum peringatan detik-detik kemerdekaan RI ke-73, Jumat (17/8). Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (17/8) dimeriahkan dengan sejumlah penampilan yang berbeda.

Presiden Joko Widodo dan para pengawalnya (paspampres) tampak mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Begitu pula para tamu undangan yang memadati halaman Istana Merdeka, banyak yang mengenakan pakaian adatnya masing-masing.

Sebagaimana diketahui, sejak peringatan kemerdekaan tahun lalu, Presiden Ketujuh RI menggagas penggunaan pakaian daerah bagi para tamu undangan sebagai bentuk apresiasi bagi keberagaman budaya Nusantara.

"Ya negara kita ini adat dan tradisinya banyak sekali. Pakaian adat juga banyak, ratusan mungkin ribuan," ujar presiden sambil mengajak Jan Ethes berkeliling sejenak di sisi barat Istana Merdeka sebelum peringatan detik-detik Kemerdekaan RI.

Presiden sendiri mengaku kali ini mengenakan busana adat asal Aceh. Mantan wali kota Surakarta itu memakai baju meukeusah lengkap dengan penutup kepalanya.

"Memang banyak pilihan-pilihan dan yang saya pilih ini (busana Aceh)," ucapnya. Sementara Ibu Negara Iriana mengenakan busana adat Minangkabau.

Tak ketinggalan, para pengawal presiden juga tampak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Di HUT ke-73 RI ini, Jokowi kembali ingin memamerkan kekayaan adat dan tradisi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News