Azwar Anas Mundur, Ini 3 Calon Pendamping Gus Ipul

Azwar Anas Mundur, Ini 3 Calon Pendamping Gus Ipul
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memperlihatkan surat keputusan tentang penetapan nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur kepada Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Azwar Anas. Foto: Publicist PDIP

jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim) Kusnadi mengatakan, tiga kader banteng moncong putih memiliki kompetensi menggantikan Abdullah Azwar Anas sebagai pendamping Saifullah Yusuf dalam Pilgub Jatim 2018.

Mereka adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Said Abdullah.

“Pertama, figur populer di Jatim yang jadi ikon PDI Perjuangan yaitu Risma. Atau, kemudian mencari figur sebagai representasi kewilayahan, Pak Kanang (sapaan karib Budi). Atau juga representasi Madura, Said Abdullah,” kata Kusnadi, Sabtu (6/1).

Kusnadi menambahkan, calon pengganti Anas harus dikonsultasikan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menjadi koalisi PDIP di Pilgub Jatim 2018.

Menurut Kusnadi, PKB berharap pengganti Anas memiliki kualitas sepadan dengan bupati Banyuwangi itu.

“Begitu juga dengan elektabilitas. Jangan sampai di bawah Pak Anas. Kalau di bawah Pak Anas persepsinya pasti akan kalah,” tambah Kusnadi.

Kusnadi mengakui, dari tiga calon itu, Risma memiliki elektabilitas paling tinggi.

“Nama yang paling pas adalah Risma. Dari berbagai survei, elektabilitasnya bahkan mengalahkan Anas. Kalau terus kemudian masyarakat Surabaya rela dan mau, ya, nggak apa-apa,” kata Kusnadi. (bae/hen/sb/bae/jek/jpr/jpnn)


Tiga kader PDI Perjuangan memiliki kompetensi menggantikan Abdullah Azwar Anas sebagai pendamping Saifullah Yusuf dalam Pilgub Jatim 2018.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News