Ba'asyir Dukung Perampokan Masih Sebatas Pengakuan

Ba'asyir Dukung Perampokan Masih Sebatas Pengakuan
Ba'asyir Dukung Perampokan Masih Sebatas Pengakuan
JAKARTA -- Meskipun belum mengantongi bukti kuat, Mabes Polri tetap menuduh Ust Abu Bakar Ba’asyir memotivasi kelompok bersenjata Medan untuk melakukan aksi-aksi kekerasan. Ini diperoleh polisi hanya dari pengakuan para pelaku perampokan Medan yang selamat hidup-hidup dan mengaku bahwa Ba’asyir memberikan motivasi itu dalam ceramahnya.

‘’Ya kita belum punya (bukti) rekaman dia memberikan ceramah itu. Baru pengakuan,’’ ujar Kadiv Humas Polri Irjen (pol) Iskandar Hasan di Mabes Polri, Jumat (9/10). Disebutkan Iskandar, dalam ceramahnya yang dilakukan di Medan itulah Ba’asyir memberikan ceramah mengenai Jihad menurut versinya sendiri.

‘’Abu Bakar Ba’asyir memotivasi jihad versinya dia, kata-katanya salah satunya boleh merampok segala macam. Itu kan bukan jihad yang sebenarnya. Dia memberi motivasi ke orang-orang akhirnya menjadi pengikut. Yang kemarin itu benar-benar menjadi perampok,’’ tambahnya.

Namun demikian saat ditanya detail mengenai apakah Ba’asyir pernah menyerukan kepada pengikutnya untuk melakukan perampokan, Iskandar tak merinci. Menurutnya informasi itu hanya diperolehnya melalui pengakuan para tersangka. ‘’Kalimat itu kita ikuti nanti berkembang di pengadilan,’’ kilahnya.

JAKARTA -- Meskipun belum mengantongi bukti kuat, Mabes Polri tetap menuduh Ust Abu Bakar Ba’asyir memotivasi kelompok bersenjata Medan untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News