Baca Ini! Gerakan Bawah Tanah PKI

Baca Ini! Gerakan Bawah Tanah PKI
Suasana kantor PKI cabang Jakarta, sesaat setelah diserbu. Foto: Koleksi arsip Geheugen Belanda.

jpnn.com - SETELAH digulung pemerintah kolonial Belanda, begini gerakan bawah tanah kader-kader Partai Komunis Indonesia...

-------
Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network
-------

Meski berhasil ditumpas penjajah, pemberontakan nasional 1926-1927 menuntut kemerdekaan Indonesia yang dipimpin PKI sedikit banyak menggoncang sendi-sendi kekuasaan kolonial Belanda. Gubernur Jenderal de Graaf seketika menambah reserse, polisi dan tentaranya.  

Semangat revolusioner tetap menyala. Kehendak merdeka menjalar ke kaum pelajar.

Algemene Studieclub di Bandung, yang dipimpin anak muda bernama Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia. Di dalamnya ada pula seorang tokoh kenamaan Tjipto Mangunkusumo.

PNI partai kedua setelah PKI yang menggunakan nama Indonesia. Ia lahir 1927, sesaat setelah PKI digulung kumpeni. 

Tentang berdirinya PNI, dalam buku Sarinah, Soekarno menulis;

Imperialisme Belanda pada waktu itu baru saja mengamuk tabularasa di kalangan kaum komunis. Kaum komunis Indonesia dan Sarekat Rakyat dipukulnya dengan hebatnya, ribuan pemimpinnya dilemparkan dalam penjara dan dalam pembuangan di Boven Digul. Untuk meneruskan perjuangan revolusioner, saya mendirikan Partai Nasional Indonesia.

SETELAH digulung pemerintah kolonial Belanda, begini gerakan bawah tanah kader-kader Partai Komunis Indonesia... ------- Wenri Wanhar - Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News