Bagi Kamu yang Suka Bergadang, Tolong Simak Penjelasan Dokter Tirta

Bagi Kamu yang Suka Bergadang, Tolong Simak Penjelasan Dokter Tirta
Dokter Tirta. Foto: Dok. The Waves/Vision+

jpnn.com - Dokter Tirta Mandira Hudhi menyebut bergadang sebenarnya memiliki efek yang bisa berbahaya bagi kesehatan karena bisa saja seseorang menderita gagal jantung, ginjal dan kanker.

Dokter Tirta mengatakan hal itu demi membahas keingintahuan netizen tentang bergadang yang tayang di YouTube akun TirtaPengPengPeng seperti dilihat JPNN.com pada Jumat (20/8).

"Bergadang meningkatkan banyak hal. Kanker salah satunya," tutur Tirta.

Pria yang juga berstatus influencer itu menuturkan, tubuh pada dasarnya membutuhkan istirahat paling sedikit 7 jam sehari.

Menurut dia, tubuh ketika dalam keadaan tidur akan berproses seperti mengganti dan memperbaiki sel tubuh, serta memulihkan atau recovery otak.

Namun, kata Tirta, tubuh tidak memiliki waktu recovery yang cukup ketika seseorang bergadang dan kurang tidur.

Hal itu berujung kepada banyaknya sel rusak yang tidak sempat dipulihkan. Ujungnya banyak sel rusak yang menumpuk yang berpotensi ke kanker.

"Sel yang tidak diganti menjadi rusak. Sel rusak kadang dianggap jadi sel aneh. Dia bisa bereplikasi terus dan bisa meningkatkan kanker," tutur alumnus Universitas Gadjah Mada itu.

Dokter Tirta Mandira Hudhi menyebut bergadang sebenarnya memiliki efek yang bisa berbahaya bagi kesehatan seperti gagal jantung, ginjal dan kanker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News