Bagian dari Sejarah, Sepeda Peserta GTPN Dimuseumkan

Bagian dari Sejarah, Sepeda Peserta GTPN Dimuseumkan
Kepala Museum Olahraga menerima sepeda dari Pegowes GTPN 2017. Foto: Deputi III Kemenpora for JPNN

jpnn.com, SRAGEN - Gowes Turing Pesona Nusantara (GTPN) telah tercatat di museum rekor Indonesia (MURI) sebagai ajang bersepeda kelompok dengan jarak terjauh. Total 5.129 Kilometer ditempuh oleh 15 pegowes dari KM 0 Sabang, sampai dengan Magelang, Jawa Tengah.

Saking bersejarahnya, salah satu sepeda yang digunakan oleh pegowes untuk menempuh jarak ribuan kilometer dan singgah di berbagai kota sejak Mei sampai September lalu itu, sampai dimuseumkan.

Kepala Museum Olahraga Kemenpora Herman Chaniago mengaku telah menerima sepeda bersejarah tersebut berbarengan dengan pelaksanaan pencanangan hari bersepeda nasional di Sragen, Jawa Tengah, Minggu (19/11).

"Kami telah menerima hibah koleksi sebuah sepeda dengan seperangkat pendukungnya dari Pak Martha. Sepeda ini penuh sejarah, karena berasal dari even Gowes Pesona Nusantara yang kali pertama digelar dan sudah bisa memecahkan rekor MURI," terangnya.

Herman juga mengaku senang karena koleksi museum yang dipimpin pengelolaannya olehnya mendapatkan koleksi baru yang penuh dengan cerita perjuangan.

"Ini cukup membanggakan dan sebuah kehormatan. Sejarah sepeda ini harus kami ceritakan di Museum Olahraga nanti," tandasnya.

Menpora Imam Nahrawi juga mengapresiasi prosesi penyerahan sepeda bersejarah ini dari pegowes GTPN kepada Museum Olahraga.

"Sejarah ini harus diceritakan kepada masyarakat Indonesia. Sudah tepat kalau sepeda itu ditempatkan di Museum Olahraga," terangnya. (dkk/jpnn)


Gowes Turing Pesona Nusantara tercatat sebagai ajang bersepeda dengan jarak terjauh versi MURI


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News