Bagja Buka-Bukaan Soal Dugaan Ketua KPU Bertemu Ketum Partai Ummat

Bagja Buka-Bukaan Soal Dugaan Ketua KPU Bertemu Ketum Partai Ummat
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja buka-bukaan soal isu pertemuan empat mata antara Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dengan Ketum Partai Ummat Ridho Rahmadi sebelum penetapan parpol peserta Pemilu 2024. 

Bagja mengaku menanyakan langsung kepada Hasyim Asy'ari soal pertemuan itu.

"Iya proaktif terhadap hal itu (menindaklanjuti isu soal pertemuan empat mata). Apakah, saya tanyakan kepada Mas Hasyim, beliau tidak menyatakan hal demikian," ujar Bagja di Jakarta, (20/12).

Dia menjelaskan setidaknya ada dua pertanyaan soal isu pertemuan tersebut. Pertama, apa isi perbincangan dan kedua apakah benar terjadi?

Meskipun begitu, Bagja mengaku akan mengajukan dugaan pelanggaran itu kepada DKPP jika ditemukan bukti kuat.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki bukti kuat agar melapor ke Bawaslu.

"Kalau terjadi maka konteksnya pelanggaran kode etik. Nah, Bawaslu akan menunggu dan juga jika ada alat bukti yang sangat kuat akan mengajukan kepada DKPP seandainya ada, tetapi masyarakat juga dapat melaporkan ke DKPP," lanjut dia.

Bagja juga menyebutkan saat ini dirinya masih memantau perkembangan proses mediasi antara KPU dan Partai Ummat yang masih berjalan saat ini.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja buka-bukaan soal isu pertemuan empat mata antara Ketua KPU Hasyim Asy'ari dengan Ketum Partai Ummat Ridho Rahmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News