Bahaya, Jangan Sepelekan Waktu Tidur Cukup Anda!!

Bahaya, Jangan Sepelekan Waktu Tidur Cukup Anda!!
Ilustrasi. Foto Catholiclane

jpnn.com - BAGI Anda yang selama ini menyepelekan tidur cukup, tampaknya kini harus lebih waspada. Sebab, saat Anda mengalami kekurangan tidur, fungsi kognitif akan menurun ke tingkat yang jauh dari ideal. Itu membuat Anda sangat sulit melalui hari-hari mereka.

Kondisi ini secara serius akan memengaruhi suasana hati, memori dan sebagainya. Berikut beberapa manfaat tidur untuk kesehatan otak, seperti dilansir laman Care2, Senin (2/5).


1. Tidur bisa mengurangi risiko Alzheimer dan demensia.

Kurang tidur atau tidur kurang dari lima jam setiap malam bisa menyebabkan penumpukan beta-amyloid, protein beracun yang membentuk plak berbahaya di otak dengan penyakit alzheimer dan demensia. Nah, tidur tujuh jam setiap malam bisa mengurangi risiko penumpukan plak di otak.

2. Tidur membuat otak lebih kuat.

Ada alasan kita merasa lebih segar setelah tidur malam yang baik. Tidur meningkatkan kewaspadaan, pengisian neurotransmitter yang mengatur jaringan saraf di otak. Jaringan ini sangat penting tidak hanya untuk memori, tetapi juga untuk belajar, kinerja mental dan pemecahan masalah.

3. Tidur memberikan waktu otak untuk detoksifikasi.

Tidur membantu menjernihkan otak dengan membilas racun, termasuk protein berbahaya yang membangun selama kita melakukan aktivitas. Otak memiliki sistem drainase berdasarkan pergerakan cairan serebrospinal melalui saluran yang mengelilingi pembuluh darah. Proses ini dikelola oleh sel-sel khusus di otak (sel glial) yang bernama brain glymphatic system.

BAGI Anda yang selama ini menyepelekan tidur cukup, tampaknya kini harus lebih waspada. Sebab, saat Anda mengalami kekurangan tidur, fungsi kognitif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News