Bakal Diuji DPR, Gayus Lumbuun Pilih Nonaktif

Bakal Diuji DPR, Gayus Lumbuun Pilih Nonaktif
Bakal Diuji DPR, Gayus Lumbuun Pilih Nonaktif
JAKARTA - Lolos sebagai salah satu calon hakim agung membawa konsekuensi tersendiri bagi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Gayus Lumbuun. Sebab, PDI Perjuangan yang selama ini menjadi wadah bagi Gayus menekuni dunia politik, justru memintanya nonaktif.

Gayus sendiri juga sudah mengajukan izin ke Fraksi dan DPP PDI Perjuangan untuk mengikuti pemilihan hakim agung.  "Pak Gayus sejak awal sudah mengajukan izin ke fraksi dan ke partai terkait keinginannya maju mengikuti proses tahapan-tahapan sebagai calon Hakim Agung. Fraksi dan partai menyetujuinya," kata Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, Selasa (2/8), di Jakarta.

Seperti diketahui, saat ini Gayus termasuk dari 18 calon hakim agung yang diserahkan Komisi Yudisial (KY) ke DPR untuk menjalani fit and proper test. Rencananya, uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon hakim agung akan dilakukan pada masa persidangan DPR yang akan dimulai pada 16 Agustus mendatang.

Menurut Tjahjo, Gayus sendiri sudah meminta agar nonaktif. Selanjutnya, fraksi maupun DPP PDIP juga menyetujuinya. "Mulai nonaktif terhitung 15 Agustus 2011 nanti.

JAKARTA - Lolos sebagai salah satu calon hakim agung membawa konsekuensi tersendiri bagi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Gayus Lumbuun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News